Selasa, 29 Nov 2022
Iklan Prodek
  • Home
  • Hukrim
  • Ditintelkam Polda Riau Bersama SMSI Bangun Komitmen Berantas 'Hoax'

Ditintelkam Polda Riau Bersama SMSI Bangun Komitmen Berantas 'Hoax'

PT.SPIRIT INTI MEDIA
Jumat, 18 Nov 2022 19:06
(foto: Istimewa)
PEKANBARU - Direktorat Intelijen Keamanan (Ditintelkam) Kepolisian Daerah (Polda) Riau bersilaturahmi dengan para pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Riau untuk membangun komitmen memberantas kabar atau informasi bohong (hoax) yang terus membanjiri laman-laman media sosial.

"Kami telah meping, untuk tahun ini hoax masih dalam batas wajar. Namun kami memprediksi, tahun depan akan semakin berat," kata Direktur Intelkam Polda Riau, Komisaris Besar Polisi Aris Prasetyo Indrayanto SIK.M dalam pertemuan bersama pengurus SMSI Riau di sebuah kafe di Pekanbaru, Jumat (18/11/2022). 

Dalam pertemuan itu, Kombes Aris membawa semua unsur Ditintelkam Polda Riau mulai dari Wakil Direktur Intelkam AKBP Efrizal, SIK hingga para Kasubdit Intelkam. 

Sementara dari pihak SMSI Riau, selain Ketua Novrizon Burman, turut hadir Ketua Dewan Kehormatan Zulmansyah Sekedang dan sejumlah ketua bidang seperti Harry B Koriun, Anthony Harry, Bambang Irawan, Herlina, Martalena, Bendahara SMSI Luna Agustin dan Fazar Muhardi.

Dalam kesempatan sama, Kombes Aris menyingkap, kabar hoax telah menjadi masalah serius seiring terus berkembangnya teknologi informasi yang saat ini telah menjadi kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia.

"Maka kami pandang perlu menggandeng seluruh unsur, baik organisasi maupun perorangan untuk bersama menjaga keamanan, khususnya dalam teknologi informasi," katanya.

Dia menjelaskan, SMSI menjadi organisasi pers pertama untuk dilibatkan dalam mengatasi bersoalan ini, dan diharapkan akan bersama menyatukan komitmen memberantas 'hoax'.

"Silaturahmi ini penting, karena hoax telah menjadi masalah yang serius, terlebih jelang Pemilu 2024," katanya.

Kombes Aris menjelaskan, pihaknya telah melakukan analisa mendalam yang hasilnya diperkirakan tahun depan tepatnya tahun 2023, kabar atau informasi bohong akan semakin deras membanjiri laman-laman media sosial.

"Saya pikir kita harus belajar dari Pemilu 2019 lalu, dimana informasi hoax telah meninggalkan bekas yang teramat buruk. Sesama anak bangsa terpecah belah dan ini jangan sampai terulang pada Pemilu mendatang (2024)," katanya.

Menurut dia, SMSI sebagai wadah dari para pengusaha media siber memiliki peranan penting dan strategis untuk menangkal 'hoax'.

Ketua SMSI Riau, Novrizon Burman, dalam kesempatan sama menjelaskan, SMSI memiliki peranan dan komitmen yang sama dengan kepolisian khususnya dalam memberantas 'hoax'.

"SMSI didirikan sebagai wadah para pemilik media siber yang sekarang di Riau jumlah anggotanya telah mencapai 114 perusahaan," katanya.

Dengan jumlah anggota yang begitu besar, demikian Novrizon, maka SMSI menjadi sangat penting dan memiliki peranan besar untuk memberantas kabar bohong.

"Pada dasarnya kami SMSI memiliki komitmen yang sama dengan kepolisian, khususnya dalam memberantas hoax," kata Novrizon.

Ketua Dewan Penasehat SMSI Riau, Zulmansyah Sekedang menambahkan, pada dasarnya media mainstream yang sekarang menjadi anggota SMSI merupakan perusahaan yang jelas-jelas telah memenuhi kriteria sebagai perusahaan pers seperti yang diamanatkan dalam Undang-undang Pers.

Namun dia menjelaskan, bahwa badan hukum pers yang dimiliki anggota SMSI tidak serta-merta membebaskan media mainstream dari persoalan hukum.

"Kami bisa kapan saja terjerat masalah hukum, makanya kami selalu menekankan ke anggota untuk berhati-hati dalam membuat berita. Harus berimbang dan jangan sampai menimbulkan fitnah," katanya.

Zulmansyah menyingkap, saat ini kebanyakan kabar bohong atau hoax diproduksi oleh akun-akun media sosial yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Ini yang harus kita waspadai bersama, termasuk SMSI juga akan mengambil peran bersama kepolisian untuk memberantas hoax," demikian Zum. (rls)
Polda Riau
Berita Terkait
  • Selasa, 29 Nov 2022 15:11

    Pusdiklat Mapim Badiklat Kejaksaan RI Mendapat Akreditasi Bintang 1 dari LAN RI

    JAKARTA - Selasa 29 November 2022 bertempat di Hotel Mercure Jakarta Batavia, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan (Pusdiklat Mapim) Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Keja

  • Selasa, 29 Nov 2022 13:42

    Babinsa Koramil 03/Bgs Ramai ramai Goro Rehab Teras Musholla

    BASIRA - Sekitar 6 orang Babinsa Koramil 03/Bgs Kodim 0321/Rohil yang dipimpin oleh Sertu A Sipahutar membantu masyarakat dalam melakukan rehab teras Musholla Al-Hidayah Kampung Tempel kelurahan Bagan

  • Selasa, 29 Nov 2022 13:34

    Jaksa Agung ST Burhanuddin: Kehadiran Komisi Kejaksaan RI Mampu Mengakselerasi Fungsi Pengawasan dan Meningkatkan Kualitas Institusi Kejaksaan

    JAKARTA - Selasa 29 November 2022 secara virtual, Jaksa Agung ST Burhanuddin menjadi keynote speaker “Pengawasan Berhati Nurani untuk Menjaga Marwah Adhyaksa” dalam Rapat Koordinasi antara Komisi

  • Selasa, 29 Nov 2022 13:18

    Sidang Perkara PT Duta Palma Group Hadirkan 3 Orang Saksi

    JAKARTA - Penuntut Umum pada Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat menghadiri sidang atas nama Terdakwa Surya Darmadi dan Raja Thamsir Rachman  dengan agenda pemeriksaan saksi a char

  • Selasa, 29 Nov 2022 12:49

    Tiga Orang Hadir Sebagai Saksi Dalam Sidang Perkara Minyak Goreng

    JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Agung menghadiri sidang atas nama Terdakwa Indrasari Wisnu Wardhana, Terdakwa Pierre Togar Sitanggang, Terdakwa Dr. Master Parulian Tumanggor, Terdakwa Sta

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2022 www.spiritriau.com. All Rights Reserved.