Rabu, 08 Feb 2023
  • Home
  • Peristiwa
  • Ratusan Warga Demo PHR, Minta Perhatikan Masyarakat Lokal

Peristiwa

Ratusan Warga Demo PHR, Minta Perhatikan Masyarakat Lokal

Laporan: Jonathan Surbakti
PT.SPIRIT INTI MEDIA
Kamis, 12 Jan 2023 19:08
(Foto: Jonathan Surbakti)
Sekitar 150 orang Warga Bangko Bakti KM 12 Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir mengadakan aksi Demo Kamis (12/1)
Bangko Pusako- Sekitar 150 orang Warga Bangko Bakti  KM 12  Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir mengadakan aksi Demo Kamis (12/1) di lokasi Objek Vital PHR,  jalan Lintas KM 12 dan  didepan kantor Kepenghuluan Bangko Bakti. Aksi Damai ini sempat juga memancing emosi petugas aparat  keamanan dari Polres Rokan Hilir, karena diantara pendemo yang melakukan penyetopan mobil operasional mitra PHR dilapangan.  

Warga minta Pertamina Hulu Rokan (PHR) untuk memeperhatikan masyarakat tempatan, baik soal Lingkungan, tenaga Kerja dan mitra kerjanya agar bertanggung jawab soal lingkungan.  Aksi Demo ini dikawal ketat puluhan aparat keamanan Polres Rokan Hilir, dan TNI dari Koramil 05 RM. 

Aksi yang dimulai sejak pukul 08.00 Wib ini berakhir sampai Pukul 17.25 Wib. Para pendemo membentangkan  sepanduk yang berisikan tuntutan serta  tak lupa melakukan orasi secara bergantian  dengan menggunakan alat pengeras suara diatas  mobil pick up.

Koordinator Umum Lapangan Aksi Demo, Muhammad Yusup dalam orasinya menuntut agar pihak PHR  agar dapat  bertanggungjawab atas kerusakan  lingkungan yang terjadi diwilayah  Desa Bangko  Bakti akibat  dampak dari aktrivitasnya. Yaitu dengan melakukan pemulihan fungsi  lingkungan  dan menjamin akan melakukan perlindungan  dan pengelolaan  lingkungan kedepannnya  sesuai dengan UU.No 32 tahun 2014.

Kemudian mereka juga menuntut PHR daan mitranya  untuk dapat  memberikan hak  masyarakat dalam urusan tenaga kerja lokal sesuai dengan aturan yang ada  yakni mengacu dengan Perda Rohil no.8 Tahun 2014.  Selanjutnya mereka juga menutut PHR dan mitranya untuk menunaikan  tanggungjawab  sosial dan lingkungan (TJSL) dengan sewajarnya  atau sepantasnya dan tepat sasaran  sesuai dengan  UU No.40 tahun 2007. 

Warga juga memberikan kesempatan kepada pihak PHR selambat-lambatnya selama 30 hari untuk merealisasikan tuntutannya, kalau tidak mereka akan tetap melakukan aksi yang serupa.  Dalam kesempatan tersebut warga juga meminta tanda-tangan pihak PHR atas tuntutan warga tersebut. 

Namun pihak PHR yang diwakili oleh Safrun  tidak bersedia untuk menandatanganinya, dia berjanji akan menyampaikan kepada pihak atasannya atas tuntutan warga tersebut. Hadir dalam aksi tersebut Kapolsek Bangko Pusako, AKP. Jambi Lumban Toruan, SH, beserta jajarannya, serta  Danramil 05/RM , Kapten Arh Iswandi, beserta jajarannya ditambah personil dari Polres Rokan Hilir (jon)

Editor: 1

Peristiwa
Berita Terkait
  • Rabu, 08 Feb 2023 11:37

    Konflik Gajah Liar dengan Petani Sawit Desa Betung Pelalawan, BKSDA Riau Turunkan Tim Mitigasi

    PELALAWAN - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau menurunkan tim untuk memitigasi konflik gajah liar dengan petani kelapa sawit di Desa Betung, Kecamatan Pangkala

  • Rabu, 08 Feb 2023 11:33

    Sopir Travel Rampok Penumpang Wanita Asal Rohul Saat Jalanan Sepi di Kampar

    PEKANBARU - Sopir mobil travel pelaku pengancaman dan pencurian terhadap penumpang seorang wanita muda asal Rokan Hulu Riau diamankan polisi.Peristiwa yang menimpa korban bernama Haniva Agusni, t

  • Rabu, 08 Feb 2023 11:29

    10 Negara Terbaik untuk Nikmati Masa Pensiun 2023, Ada Tetangga Indonesia

    TERDAPAT banyak negara terbaik untuk nikmati masa pensiun. Biasanya ketika seseorang pensiun mereka memilih untuk tinggal di kampung halaman sambil menikmati hari tua.Namun ada juga orang-orang y

  • Rabu, 08 Feb 2023 11:11

    16 Perusahaan yang Ternyata Milik Luhut Binsar Pandjaitan

    JAKARTA- Inilah 16 perusahaan yang ternyata merupakan milik Luhut Binsar Pandjaitan. Pria kelahiran 28 September 1947 di Simargala, Toba Samosir, Sumatera Utara ini merupakan pengusaha yang

  • Rabu, 08 Feb 2023 11:09

    Usai Olahraga Tak Boleh Langsung Keramas, Benarkah?

    USAI berolahraga tubuh akan berkeringat lebih banyak dari biasanya. Tak hanya badan, kepala pun juga, apalagi kepala memiliki kelenjar keringat dan minyak yang cukup banyak sehingga setelah berol

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2023 www.spiritriau.com. All Rights Reserved.