Selasa, 28 Jun 2022
  • Home
  • Hukrim
  • Dugaan Galian C Ilegal, Oknum Wakil Ketua DPRD Inhu Nyambi Jadi Calo Izin

Hukum

Dugaan Galian C Ilegal, Oknum Wakil Ketua DPRD Inhu Nyambi Jadi Calo Izin

Laporan: Jonathan Surbakti
Jonathan Surbakti
Selasa, 14 Jun 2022 21:46
(Foto: Julfi Hendra)
Suardi Ritongga dan beberapa Alat bukti Atas nama CV Parna Jaya
INHU - Kuat dugaan pembuatan surat izin atas nama CV Parna Jaya dapat merugikan Negara yang beraktivitas melakukan penggalian dan pengerukan batu putih campur pasir (Sertu) tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Desa Belimbing, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu)- Riau  didalangi oleh Wakil Ketua II DPRD Inhu,  H Suardi Ritongga SE.

Hal ini terungkap selama beroperasi melakukan penggalian dan pengerukan sertu CV Parna Jaya diduga belum mengantongi izn lengkap dan tidak pernah bayar pajak dinilai sangat merugikan Negara.
Demikian disampaiakn Kepala Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA)  Kabupaten Inhu, Arif  Fadilah SE MSi didampingi Kepala bidang PKP, Herli Ependi, dan Kabid P3, Purmidi, kepada Spiritriau.com, Selasa (14/06/2022) membeberkan, “Kami tidak pernah dengar nama CV Parna Jaya yang beroperasi di Inhu, karena kalau dia (CV Parna Jaya-red-) ada izin otomatis harus bayar pajaknya di Bapenda, kalau ditanya tentang izinnya kami tidak mendalami itu, karna bukan ranah kami, walaupun izinnya di pemerintah pusat bayar pajak tetap di  sini (BAPENDA-red) sesuai peraturan daerah.

Saat ditanya wartawan tentang pembayaran pajak CV Parna Jaya, CV Parna Jaya tidak pernah melakuakn pembayaran pajak. “ Jangankan bayar pajak surat izinnya kami tidak tau, kalau tidak ada izin kami tidak berani memungut pajak. Harusnya wajib pajak yang baik dia (CV Parna Jaya)  harus melaporkan ke kami dan mendaftarkannya. Contohnya, saya ada usaha, ini izin saya, kami masukan dalam sistem computer, kemudian  menjadi wajib pajak, setelah wajib pajak mekanismenya membayar,” jelasnya.

Terakhir Kepala BAPENDA Inhu menekankan Kalau sudah ada izin CV Parna Jaya tetapi tidak membayar pajak dapat merugikan Negara. 

Seperti diberitakan media ini sebelumnya, Diduga Oknum Wakil Ketua DPRD Inhu Urus Izin Galian C Secara Ilegal, “Kalau pajak sertu tambang Cv Parna Jaya kita usulkan perproduksi melaluhi Bank garansi namanya. Terkait izin yang mengatas namakan CV Parna Jaya bisa dilihat di web Kementrian dan pajaknya nantik mereka yang menghitung tu,” kata Suwardi Ritonga yang akrab di sapa Ucok
Dijelaskan Suwardi Ritonga, kalau sudah ada izin tidak ada masalah, terkait izin tambang sertu ada tiga titik lokasi untuk dua izin tambang sertu yang diurusnya itu melaluhi Kementrian sedangkan Gubernur belum ada kewenangan belum bisa.

“Saya cek di Gubernur badan perizinan produksi propinsi permohonan itu banyak, hampir seluruh pelaku galian C, cuman demokrasinya panjang. Sebanyak galian C illegal cuma ini (CV Parna Jaya-red)  yang punya izin,” Ungakp Suwardi Ritonga.

Dikatakannya, kalau mengurus izin galian C tidak perlu memiliki CV atau PT peorangan juga bisa, ada SKGR atau SKT bukti kepemilikan tanah asal berpotensi galian C walaupun hanya 2 hektar, nantik kordinatnya di ambill dan yang diurus ada 5 SKGR . Adapun Direktur CV Parna Jaya Munte dan Komisaris Ginting.

Saat dikonfrimasi Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tentang perizinan CV Parna Jaya,Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara,  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menjawab, untuk dapat melakukan kegiatan penambangan, mohon dipastikan Perusahaan/Badan Usaha sudah mendapat Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi dari instansi yang berwenang.(jul)

Editor: 1

Inhu Nyambi Jadi Calo Izin Oknum Wakil Ketua DPRDGalian C
Berita Terkait
  • Selasa, 28 Jun 2022 17:58

    Dugaan Korupsi Dana Bansos Siak, Kejati Riau Periksa Camat Bersama 2 Pejabat Pusako Sebagai Saksi

    PEKANBARU - Terkait Dugaan Korupsi Dana Bantuan Sosial Fakir Miskin dan Anak-Anak Cacat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Siak TA. 2014 s/d 2019, Kejati Riau kembali periksa 3 saksi baru.Kasi Pen

  • Selasa, 28 Jun 2022 16:58

    Ma'ruf Amin Minta MUI Bikin Fatwa Ganja Boleh untuk Medis

    Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan, pemakaian ganja dilarang di agama Islam. Meski demikian, ia menyebut ada pengecualian penggunaan ganja untuk kebutuhan medis. Oleh karena itu, Ma&

  • Selasa, 28 Jun 2022 16:54

    5 Tempat Wisata Populer di Medan, Nomor 1 Masuk Destinasi Super Prioritas

    SETIAP kota di Indonesia memiliki keunikan tersendiri, salah satunya tempat wisata kota dan alam. Medan merupakan kota di Sumatera Utara, masih memiliki tempat wisata yang hits.Di mana, Medan pun

  • Selasa, 28 Jun 2022 16:49

    Ibunda Berharap Adam Deni Pulang, Mudah-mudahan Putusannya Adil untuk Anak Saya

    PEGIAT media sosial, Adam Deni Gearaka alias ADG, dijadwalkan menjalani sidang putusan atas kasus dugaan pelanggaran UU ITE di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Selasa (28/6/2022).

  • Selasa, 28 Jun 2022 16:44

    Noda Darah dan Kondom Bekas Ungkap Kasus Pencabulan Ayah pada Anak di Gianyar

    Seorang pria berinisial IKR (32) ditangkap Polres Gianyar, Bali, karena menyetubuhi anak tirinya sendiri. Aksi bejatnya sudah dilakukan kepada korban sejak usia tujuh tahun dan kini korban sudah berus

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2022 www.spiritriau.com. All Rights Reserved.