Rabu, 10 Jun 2026

Diet Buah Pir Cegah Penyakit Koroner

Jumat, 23 Okt 2015 02:51
Cafemazazik
Buah pir cegah jantung koroner
BERUNTUNGLAH Anda para penggemar buah pir. Sebuah studi in vitro, hewan, klinis dan epidemiologi baru-baru ini menunjukkan bahwa, konsumsi buah pir berpotensi meningkatkan kesehatan usus.

Sebagaimana dilansir dari Zeenews, Jumat (23/10/2015), Joanne Slavin dari University of Minnesota, dibantu oleh lulusan ilmu makanan Holly Reiland, melakukan tinjauan sistematis studi dari PubMed dan Agricola dari tahun 1970 sampai sekarang.

Studi ini dipublikasikan dalam Nutrition Today mengatakan, pir merupakan sumber serat dan sumber yang baik dari vitamin C hanya 100 kalori per porsi. Sebuah pir menyediakan sekitar 24 persen kebutuhan serat harian. Buah bebas natrium, kolesterol, dan lemak ini mengandung 190 mg kalium.

Dalam review yang dilakukan oleh Slavin dan Reiland, pir ditemukan sebagai sumber fruktosa, sorbitol, dan serat makanan. Menurut Slavin, penelitian kohort epidemiologi yang dilakukan oleh Larsson et al.2 menemukan, ada hubungan terbalik dengan jumlah kasus stroke dan konsumsi pir, bersama dengan apel dan sayuran berdaun hijau.

Sebuah studi epidemiologi tambahan oleh Mink et al.5 menunjukkan bahwa makanan kaya flavonoid termasuk pir dikaitkan dengan penurunan angka kematian akibat penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular pada wanita menopause yang signifikan.

(okezone.com)
kesehatan
Berita Terkait
  • Rabu, 10 Jun 2026 16:10

    Kapolres Inhil AKBP Farouk Oktora Pimpin Penanaman Bibit Mangrove dan Salurankan Bansos di Terusan Kempas

    Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-80 Tahun 2026, Polres Indragiri Hilir melaksanakan kegiatan Green Policing berupa penanaman bibit mangrove dan bakti sosial di Desa Terusan Kempas, Kecama

  • Rabu, 10 Jun 2026 16:08

    KPK Sita Uang Puluhan Juta dari Ruang Kerja Wamen Imigrasi

    JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan uang tunai senilai puluhan juta rupiah dari ruang kerja Wakil Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Silmy Karim. Temuan tersebut merupakan hasil

  • Rabu, 10 Jun 2026 15:31

    Sudah Lihat Kekuatan Lawan di FIBA U18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2026, Ismael Yakin Lolos

    JAKARTA - Timnas Basket U18 Putra Indoneia sudah tiba # ke Thailand. Mereka sudah siap menghadapi persaingan di FIBA U18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2026 yang berlangsung di Krabi, Thailand, 10-14 Juni

  • Rabu, 10 Jun 2026 15:29

    Dua Gugur, 72 Calon Anggota KPID Riau Ikuti Ujian CAT Langsung Diumumkan Besok

    PEKANBARU - Sebanyak dua peserta seleksi Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau dipastikan gugur, Keduanya tidak bisa lagi mengikuti tahapan berikutnya setelah tak hadir pada ujia

  • Rabu, 10 Jun 2026 14:50

    Wamendagri Ribka Haluk: Pendidikan Kunci Tingkatkan Kualitas SDM Menuju Indonesia Emas 2045

    Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), Ribka Haluk menegaskan bahwa pendidikan merupakan kunci utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Menurutnya, pembangunan infrastr

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2026 www.spiritriau.com. All Rights Reserved.