Doyan Makanan Pedas Bisa Panjang Umur
Senin, 01 Feb 2016 09:33
Apakah Anda tahu bahwa cabai mengandung bahan aktif yang disebut capsaicin? Bahan aktif ini sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.
Karena, Capsaicin memiliki antioksidan, melawan kanker dan anti inflamasi. Sebuah penelitian menyatakan, orang yang makan makanan pedas 3 kali seminggu menurunkan risiko kematian 14 persen dibandingkan mereka yang tidak sama sekali mengonsumsinya.
Karena, orang yang makan makanan pedas 3-7 kali seminggu mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, gangguan pernapasan dan kanker. Informasi ini berasal dari sebuah penelitian yang dilakukan dengan melihat kebiasaan diet setengah juta orang dewasa di Tiongkok.
"Ini salah satu pemikiran ilmuwan, yaitu capsaicin dan senyawa aktif lainnya dalam sayuran dapat mencegah perkembangan kanker dengan merangsang apoptosis," ujar David Popovich, dosen senior di Massey University Selandia Baru yang dikutip Womendailymagazine, Senin (1/2/2016).
Selain itu, menurut David, tidak ada alasan untuk menghilangkan saus pada hidangan Anda. Karena itu, David selalu menambahkan saus pedas atau cabai di setiap makanannya, terutama makanan berlemak.
"Capsaicin adalah molekul yang larut dalam lemak. Berarti, capsaicin dapat menyerapnya ketika Anda makan lemak. Jadi, makanan daging atau lemak sebenarnya mudah dicerna oleh tubuh berkat saus pedas," jelas David
"Intinya adalah saus pedas dapat membantu Anda mencerna makanan lebih mudah, dan mencegah pertumbuhan sel kanker," simpulnya.
Kapolres Inhil AKBP Farouk Oktora Pimpin Penanaman Bibit Mangrove dan Salurankan Bansos di Terusan Kempas
Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-80 Tahun 2026, Polres Indragiri Hilir melaksanakan kegiatan Green Policing berupa penanaman bibit mangrove dan bakti sosial di Desa Terusan Kempas, Kecama
KPK Sita Uang Puluhan Juta dari Ruang Kerja Wamen Imigrasi
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan uang tunai senilai puluhan juta rupiah dari ruang kerja Wakil Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Silmy Karim. Temuan tersebut merupakan hasil
Sudah Lihat Kekuatan Lawan di FIBA U18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2026, Ismael Yakin Lolos
JAKARTA - Timnas Basket U18 Putra Indoneia sudah tiba # ke Thailand. Mereka sudah siap menghadapi persaingan di FIBA U18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2026 yang berlangsung di Krabi, Thailand, 10-14 Juni
Dua Gugur, 72 Calon Anggota KPID Riau Ikuti Ujian CAT Langsung Diumumkan Besok
PEKANBARU - Sebanyak dua peserta seleksi Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau dipastikan gugur, Keduanya tidak bisa lagi mengikuti tahapan berikutnya setelah tak hadir pada ujia
Wamendagri Ribka Haluk: Pendidikan Kunci Tingkatkan Kualitas SDM Menuju Indonesia Emas 2045
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), Ribka Haluk menegaskan bahwa pendidikan merupakan kunci utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Menurutnya, pembangunan infrastr