Selasa, 29 Nov 2022
Iklan Prodek
  • Home
  • Pendidikan
  • 15 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan TNI dan Polisi, Teknik Mesin dan Bahasa Inggris Penting

edukasi

15 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan TNI dan Polisi, Teknik Mesin dan Bahasa Inggris Penting

admin
Selasa, 22 Nov 2022 19:32

JAKARTA-15 jurusan kuliah yang dibutuhkan TNI dan Polisi memang penting. Berbagai mata studi ini memang ditunjukkan berkarier sebagai tentara maupun alat keamanan negara.

Nah jurusan kuliah ini memiliki program seleksi yang ada setahun sekali ini. Sebab, tidak semua Universitas memiliki mata studi tersebut.


Berikut 15 jurusan kuliah yang dibutuhkan TNI dan Polisi dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kedokteran Umum

Jurusan kedokteran menjadi salah satu dibutuhkan di TNI dan Polisi. Program lulusan S1 Kedokteran Umum sudah memiliki ijazah profesi. Bagi yang lulus pendidikan profesi harus memiliki IPK minimal 2,10.

2. Kedokteran Gigi

Sama halnya dengan kedokteran umum, mata studi ini sangat dibutuhkan TNI dan Polisi. Untuk masuk program ini harus memiliki ijazah profesi.

3. Apoteker atau Farmasi

Jurusan Farmasi sebagai aspek penunjang bidang kesehatan juga diperlukan. Hanya saja, calon pelamar perlu memiliki ijazah Profesi terlebih dahulu.

4. Psikologi

Demikian pula dengan Jurusan Psikologi yang sering dibutuhkan di TNI dan Polisi. Mayoritas lulus S1 Psikologi dapat melamar sebagai staf Human Resource Development atau HRD, konselor, psikolog, pengajar, peneliti, penerjemah buku psikologi, terapis anak berkebutuhan khusus. Namun, mereka yang ingin menjadi anggota TNI dan Polisi harus lulus Profesi terlebih dahulu, dengan minimal IPK 2,25.

5. Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)

Jurusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik juga dibutuhkan oleh kedua instansi ini. Jurusan ini akan bekerja dibidang pemerintahan, administrasi negara, dan juga hubungan internasional.

6.Komunikasi

Jurusan komunikasi massa atau sosial, serta jurnalistik dan perpustakaan juga menjadi bidang yang sangat dibutuhkan dari jurusan ini. Umumnya, mereka yang mendaftar sebagai Perwira Karier dari jurusan kuliah ini nantinya akan ditempatkan di bagian Penerangan dan Perpustakaan.

7. Sandi Negara

Sandi Negara termasuk jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri. Jurusan ini mencakup beberapa program studi seperti Rekayasa Kriptografi, Rekayasa Sistem Kriptografi serta Rekayasa Perangkat Lunak Kripto dan Rekayasa Keamanan Siber.

8. Bahasa Inggris

Jurusan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan di semua kesatuan TNI dan Polisi. Meski begitu, jurusan lain, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Perancis dan bahasa Mandarin juga dibutuhkan.

9. Teknik Komputer

Teknik komputer yang lebih fokus pada pemeliharaan perangkat keras ini juga sering dibutuhkan di TNI dan Polisi. Tak hanya di TNI dan Polisi, tetapi jurusan ini juga dibutuhkan dalam setiap pekerjaan.

10. Teknik Informatika

Tugas lulusan Manajemen Informatika di TNI dan Polisi sangat banyak, sebab dua instansi negara ini memiliki banyak departemen yang membutuhkan tenaga ahli di bidang informatika. Tak heran banyak lulusan jurusan ini kerap mengikuti seleksi Perwira Karier.

11.Teknik Penerbangan

Untuk jurusan penerbangan, semua kesatuan di TNI membutuhkan kurang lebih 3 hingga 4 orang untuk jenjang S1 dan D3. Kebutuhannya pun disesuaikan dengan masing-masing cakupan. Seperti: Teknik Mesin Otomotif dibutuhkan TNI AD dan Polisi, Teknik Mesin Kapal dan Teknik Sistem Kapal dibutuhkan TNI AL dan Teknik Penerbangan dibutuhkan TNI AU.

12. Teknik Mesin dan Produksi

Jurusan teknik lainnya yang dibutuhkan adalah teknik mesin. Tak hanya itu, ada pula jurusan teknik lainnya yang dibutuhkan oleh TNI pada umumnya, seperti Teknik Geodesi, Teknik Metalurgi, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Meteorologi & Geofisika.

13. Matematika

S1 jurusan matematika juga dibutuhkan dalam dunia militer untuk bidang matematika spesifik. Beberapa bidang tersebut bertugas menghitung ramuan kimia untuk mesiu, kecepatan rudal dan banyak lagi.

14. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan juga diperlukan TNI dan Polisi. Akuntansi sebagai salah satu tulang punggung instansi manapun, sehingga siapapun yang hendak bergabung dengan dua instansi ini dapat memilih jurusan akuntansi.

15. Komisi Penyiaran Islam/Dakwah/Manajemen Dakwah

Jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri lainnya adalah Komisi Penyiaran Islam. Dimana nantinya akan mengatur acara dakwah atau penyiaran untuk agama Islam.

Itulah 15 jurusan kuliah yang dibutuhkan TNI dan Polisi.

Editor: 1

Sumber: okezone.com

komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2022 www.spiritriau.com. All Rights Reserved.