Rabu, 08 Feb 2023
  • Home
  • Traveler
  • Mari Berwisata di Pasar Ikan Pondokdadap dan Pantai Gatra di Malang

travel

Mari Berwisata di Pasar Ikan Pondokdadap dan Pantai Gatra di Malang

Laporan :Jonathan Surbakti
PT.SPIRIT INTI MEDIA
Rabu, 23 Nov 2022 05:36
Terlihat warga setempat mengambil ikan dengan menggunakan alat tradisional jala untuk kebutuhan lauknya di Pantai Gatra yang merupakan salah satu pantai yang menjadi bagian dari Clungup Mangrove Conservation (CMC) (Foto:Jonathan Surbakti)

MALANG-Pasar Ikan Wisata ini merupakan bagian dari Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap Kabupaten Malang yang dikelilingi oleh destinasi wisata alam laut yang melimpah. Pasar Ikan Wisata ini didasari oleh adanya program dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia untuk meningkatkan kualitas hasil perikanan di Indonesia.

Terlihat Nelayan sedang membawa hasil ikan tangkapannya Ikan Tuna di Pelabuhan Perikanan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pondokdadap Sendangbiru Kabupaten Malang Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)

Selain itu, adanya rencana pembangunan pelabuhan wisata di wilayah ini untuk menjadi destinasi wisata. Secara garis besar, ada dua fungsi utama pada pasar ini, yaitu sebagai kawasan komersial baik dalam jumlah kecil maupun jumlah besar yang difasilitasi dengan adanya tempat pelelangan ikan. Fungsi kedua sebagai destinasi wisata yang dapat menambah penghasilan pedagang dan nelayan sekitar.

Tampak terlihat kapal-kapal nelayan tradisonal di Pelabuhan Perikanan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pondokdadap Sendangbiru Kabupaten Malang Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)

Sedangkan untuk Pantai Gatra adalah salah satu pantai yang menjadi bagian dari Clungup Mangrove Conservation (CMC), bersama dengan Pantai Tiga Warna dan Pantai Clungup. Seperti semua pantai yang ada di Malang, pantai ini terletak di Malang bagian selatan dan menghadap langsung samudra hindia.

Kapal-kapal nelayan tradisonal di Pelabuhan Perikanan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pondokdadap Sendangbiru Kabupaten Malang Jawa Timur menjadi pemandangan indah dan cocok untuk wisata juga didaerah ini (Foto: Jonathan Surbakti)

Meskipun letaknya di pesisir selatan Pulau Jawa, yang memiliki tipikal ombak besar, ombak di Pantai Gatra ini relatif cukup tenang dan tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan terdapatnya karang di lepas pantai yang dapat memecah ombak.

Suasana hilir mudik kapal nelayan di siang hari di Pelabuhan Perikanan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pondokdadap Sendangbiru Kabupaten Malang Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)
Terlihat muara yang menghubungkan Pantai Gatra sungai kecil di mangrove yang menjadi bagian dari Clungup Mangrove Conservation (CMC) Pondokdadap Sendangbiru Kabupaten Malang Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti
Jembatan Kayu di Pantai Gatra Clungup Mangrove Conservation (CMC) Pondokdadap Sendangbiru Kabupaten Malang Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)

Pantai Gatra berada di kawasan CMC. Akses masuk ke pantai ini terbilang mudah, meskipun butuh effort untuk kesana(Foto: Jonathan Surbakti)

Terlihat dua orang pengunjung bermain di Pantai Gatra,masuk di pantai ini semua barang bawaan wajib diperiksa soalnya pantai ini menerapkan "Zero Sampah" jadi apapun yg dibawa masuk harus dibawa keluar sampahnya (Foto: Jonathan Surbakti)

Pantai ini juga memiliki banyak sekali keindahan yang dapat anda saksikan, dengan pasirnya yang putih bersih, air yang jernih, ombak yang tidak terlalu besar dan pemandangan pulau karang di lepas pantai yang melangkapi keindahan pantai Gatra.Mari berwisata ketempat ini pasti kamu akan betah dan tidak mau pulang (jon)

Teavel
Berita Terkait
  • Rabu, 23 Nov 2022 05:16

    Wisata di Pasar Ikan Pondokdadap dan Pantai Gatra Malang

    MALANG-Pasar Ikan Wisata ini merupakan bagian dari Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap Kabupaten Malang yang dikelilingi oleh destinasi wisata alam laut yang melimpah. Pasar Ikan Wisata ini dida

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2023 www.spiritriau.com. All Rights Reserved.