Kamis, 11 Agu 2022

Gallery Foto

Study Komperatif, Pansus Kerja Sama DPRD Bengkalis Kunjungi Sekratariat Kota Bandung

Rabu, 29 Jun 2022 07:50
Pansus Kerja Sama DPRD Bengkalis Kunjungi Sekratariat Kota Bandung
BENGKALIS - Panitia Kusus (Pansus) Kerja Sama Daerah DPRD Bengkalis melakukan studi komparatif di Sekretariat Kota Bandung, pada Kamis (06/16/2022). Kunjungan rombongan disambut Sekretaris Kota, Bariati Ratna Aju sebagai Kepala Bagian Kerjasama Daerah Kota ruang rapat Asisten I.
Rombongan Pansus Kerja Sama Daerah langsung di pimpin oleh Ketua DPRD Kab. Bengkalis H. Khairul Umam bersama Ketua Pansus H. Adri, wakil ketua Al Azmi dan anggota.

Kunjungan Anggota Pansus turut didampingi Kepala Bagian Kerjasama Daerah Dian Rahma dan Bagian Hukum Setda Bengkalis diwakili Fungsional Hukum Nur Yasmi Yazid.
Dalam sambutan H. Adri sebagai ketua pansus mengungkapkan bahwa kedatangan Pansus Kerja sama dalam rangka study komperatif dalam rangka merumuskan perda kerja sama.
"Kedatangan pansus kerjasama DPRD Bengkalis dalam rangka study komperatif terkait rumusan Perda Kerja sama," ujarnya.

Sementara Sekretaris Kota Bandung Bariarti dalam sambutannya mengatakan dibandung sudah memiliki perda kerja sama sejak tahun 2013.
"Kota Bandung sudah mempunyai peraturan daerah sejak tahun 2013, untuk dapat menjadi bahan merumuskan Peraturan Daerah (Perda) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang kerja sama daerah,"Jelas Bariarti.

Lanjut Bariarti, pada bagian Kedua kategori kerja sama Pasal 3 (1) KKSD dikategorikan menjadikan kerja sama wajib dan kerja sama sukarela. (2) kerja sama wajib sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan oleh 2( dua) atau lebih daerah yang berbatasan untuk penyeleggaraan urusan pemerintahan yang memiliki eskternalitas lintas daerah dan penyediaan pelayan publik yang lebih efesien jika dikelola bersama. Pasal 4 ayat (1) Objek KKSD merupakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik.

Sementara itu,  H. Khairul Umam dalam kesempatan tersebut mengatakan, kerja sama dengan pihak luar negeri berpotensi untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena itu pansus ingin mengetahui secara dalam terhadap potensi yang bisa dihasilkan dari Perda kerja sama ini.

"Kerja sama yang pernah dilakukan pemerintahan Kota Bandung dalam rangka percepatan pembangunan, baik itu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), pariwisata, beserta fasilitas lainnya untuk masyarakat yang pernah dilakukan bersama pihak ketiga sehingga ini bisa kami jadikan referensi bagi Kabupaten Bengkalis kedepan," ujar Surya Budiman.

Untuk diketahui bahwa Kota Bandung berbatasan dengan luar negeri dan pernah melakukan kerja sama perdagangan untuk mengembangkan Usaha Mikro Koperasi Menengah (UMKM) dengan Korea Selatan melalui KBRI di Seoul. Pemerintah Kota Bandung belum ada kerja sama dengan pihak perorangan.
"Dengan demikian Pansus Ranperda kerja sama daerah ini perlu melakukan sentralisasi semua bagian kerja sama di sekretariat Daerah," tutup ketua Pansus mengakhiri pertemuan (***)
Foto & Teks: Muhammad Safii

Pansus Kerja sama sedang berdiskusi tentang draft Perda kerjasama dengan sekretaris kota Bandung
Pansus kerja sama sedang berdiskusi dengan sekretaris Kota Bandung
Askori, selaku anggota pansus Kerja sama
H.Mawardi selaku anggota pansus kerjasama
H.Zamzami, anggota pansus kerja sama
H.Kairul umam Lc.Ketua DPRD Sekaligus ketua Pansus Kerja Sama
Gallery Foto
Berita Terkait
  • Senin, 18 Jul 2022 19:25

    Kenal Pamit Kapolres Rohil,Tokoh Masyarakat Panipahan Ucapkan Selamat

    ROKAN HILIR- Kenal Pamit dari pejabat lama Kapolres Rokan Hilir,  AKBP Nurhadi Ismanto, SH, S.I.K  kepada Pejabat Baru Kapolres Rokan Hilir AKBP. Andrian Pramudianto, SH SIK,MSi , digelar di

  • Sabtu, 21 Mei 2022 21:21

    Lagi Pasukan Brimob Rohil Baksos Bersihkan Rumah Ibadah

    ROKAN HILIR-Masih dalam rangka memperingati HUT Brimob Batalyon B Pelopor  ke-17 yang jatuh pada tanggal 09 Juni  2022  bulan depan, kembali  Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Ri

  • Kamis, 21 Apr 2022 04:21

    Jalin Silaturrahmi Pertagas Sapa Wartawan Riau di Bulan Ramadhan

    DUMAI-Melalui agenda buka puasa bersama wartawan dan jurnalis, Pertamina Gas (Pertagas) menyapa wartawan Riau di hotel Patra Dumai, Rabu (20/04)Kegiatan yang bertujuan menjalin silaturrahmi secara ber

  • Rabu, 20 Apr 2022 11:03

    M Zaki Dilantik Sebagai Sekda Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu

    PASIRPENGARAIAN-Setelah sempat menjabat sebagai Penjabat (Pj) pada beberapa waktu yang lalu, tepat pada Selasa, (19/04), Muhammad Zaki S.STP M.Si resmi dilantik dan diambil sumpah sebagai Sekretaris D

  • Rabu, 20 Apr 2022 10:50

    Bupati Sukiman Buka MTQ XXII Tingkat Kabupaten Rokan Hulu

    PASIRPENGARAIAN-Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman membuka secara resmi agenda MTQ ke-22 tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2022, Senin (21/03) di Hall Islamic Center Rohul, Pasir Pengaraian.Turut ha

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2022 www.spiritriau.com. All Rights Reserved.