Rabu, 17 Jul 2024
  • Home
  • Peristiwa
  • Pawai Perwakilan 14 Desa Mengawali Pembukaan Pacu Jalur Inuman Tahun 2024

Pawai Perwakilan 14 Desa Mengawali Pembukaan Pacu Jalur Inuman Tahun 2024

Laporan : Muhammad Agus
PT.SPIRIT INTI MEDIA
Minggu, 07 Jul 2024 06:20
muhammad agus

TELUK KUANTAN-Pawai dari 14 desa yang berada di Kecamatan Inuman menandai dibukanya secara resmi Festival Pacu Jalur yang digelar di Tepian Tigo Muaro, Inuman. Peserta karval menunjukkan keunikan masing-masing desa dan membawa produk lokal hasil pertanian. Beragam aktraksi dan budaya juga ditampilkan di depan para tamu yang hadir di halaman Kantor Camat Inuman, Sabtu (6/7/2024).

Bupati Kuantan Singingi, DR Suhardiman Amby, MM, beserta undangan lainnya terlihat antusias menyaksikan pawai sambil sekali-kali melambaikan tangannya. Terlihat hadir juga Anggota DPRD Provinsi Riau Sardiyono, A. Md, Pj Sekda Kuansing dr. H. Fahdiansyah, SpOG, Kapolres beserta Wakapolres Kuansing, Ketua TP PKK, Kepala Perangkat Daerah, Camat beserta Forkopimcam, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama, serta Masyarakat Kecamatan Inuman.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam arahannya berharap agar pelestarian budaya Pacu Jalur di Kuansing terus meningkat, baik itu partisipasi jalurnya dan kunjungan masyarakatnya.

"Pacu Jalur di Kecamatan Inuman ini dahulunya hanya 20 jalur yang berpartisipasi. Namun pada tahun ini sudah meningkat dua kali lipat, yakni sebanyak 56 jalur. Hal ini merupakan bentuk kecintaan masyarakat terhadap budaya Pacu Jalur semakin meningkat," ungkap Bupati Kuansing.

Lebih lanjut Bupati Kuansing juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dirancang untuk melestarikan budaya yang sangat fenomenal di Kuansing yakni Pacu Jalur, dengan harapan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung dan melihatnya secara langsung.

"Di samping melestarikan budaya, kita berharap meningkatnya animo masyarakat terhadap budaya Pacu Jalur. Semakin ramai orang yang berkunjung maka akan berpengaruh pada peningkatan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua pelaksanakan Festival Pacu Jalur Inuman tahun 2024, Syariandi saat menyampaikan sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masing-masing utusan jalur yang ada di Kuansing dan Inhu yang telah ikut berpartisipasi dalam iven pacu jalur di Kecamatan Inuman tahun 2024.  “Kita apresiasi kepada masing-masing utusan jalur yang telah ikut berpartisipasi dalam iven pacu jalur di Kecamatan Inuman tahun ini dan tahun ini peserta jalur yang terbanyak,” kata Syariandi.

Diakuinya semua ini karena  kerja keras panitia dan dukungan dari pihak-pihak terkait, sehingga tahun ini peserta mengalami peningkatan yang ikut berpacu. “Ada 56 buah jalur yang ikut berlaga besok harinya, sementara pada tahun 2023 hanya ada 45 jalur,” tambahnya.


Syariandi juga menjelaskan tahun ini ada beberapa kegiatan tambahan seperti shubuh berjamaah, peresmian kantor Polsek Inuman, pawai menyambut kedatangan Bupati yang akan  membuka secara langsung pembukaan pacu jalur, dan penilaian untuk tukang tari, timbo ruang, serta tukang onjai terbaik.(gus)

Mengawali Pembukaan Pacu Jalur InumanPawai Pewakilan Desa
Berita Terkait
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2024 www.spiritriau.com. All Rights Reserved.