Rabu, 17 Jul 2024
  • Home
  • Olahraga
  • Jalur Tuan Rumah Raih ‘Tahta’ Tertinggi Pada Festival Pacu Jalur Hulu Kuantan 2024

Jalur Tuan Rumah Raih ‘Tahta’ Tertinggi Pada Festival Pacu Jalur Hulu Kuantan 2024

Laporan : Muhammad Agus
PT.SPIRIT INTI MEDIA
Senin, 24 Jun 2024 06:32
muhammad agus

TELUK KUANTAN-Festifal Pacu Jalur Hulu Kuantan 2024 resmi berakhir pada Minggu (23/6/2024) yang diselenggarakan di Tepian Gudang Pulau Gobah, Kecamatan Hulu Kuantan. Jalur Singa Kuantan 2015 kebanggaan warga Desa Sungai Pinang meraih Tahta tertinggi setelah berhasil menjadi yang tercepat pada fina jalur melawan Jalur Panglimo Olang Putie 2024 dari Desa Sungai Alah.

Laga final hari ketiga mempertontonkan aksi heroik dari para anak pacu untuk mendapatkan posisi puncak pada festifal Pacu Jalu Hulu Kuantan 2024. Pada hari ketiga laga final menyisakan 7 jalur yang bersaing dan merebut juara pertama. Tujuh jalur yang masuk partai final hari  ketiga merupakan hasil ‘pertarungan’ jalur mulai hari pertama dan kedua yang diikuti oleh 49 perserta jalur yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan 1 jalur dari Sumatera Barat yang berlangsung 21-23 Juni 2024.

Tujuh jalur yang melaju di laga final hari ketiga adalah Jalur Tuah Inayan Mendulang Untuang dari Pulau Aro, Kuantan Tengah, Jalur Juragan Kuantan dari Desa Seberang Gunung , Kecamatan Gunung Toar. Jalur Singga Kuantan 2019 dari Desa Sungai Pinang, Hulu Kuantan, Jalur Pangeran Fortuna dari Desa Pulau Rumput, Gunung Toar, Jalur Batu Lompatan Harimau Kompe, dari Desa Kinali , Kuantan Mudik, Jalur Rajo Tunggal Rimbo Binuang dari Desa Seberang Taluk, Kuantan Tengah dan Jalur Palimo Olang Putie 2024 dari Desa Sungai Ala, Kecamatan Hulu Kuantan.

Ketua Panitia Pacu Jalur Hulu Kuantan 2024, Tasri Rais dalam sambutannya  saat penutupan mengungkapkan rasa  bangga dengan telah sukses dan berjalan lancarnya pelaksanaan pacu jalur di Tepian Gudang Pulau Gobah, Kecamatan Hulu Kuantan ini. "Kesuksesan ini tentu tidak terlepas dari kerja keras bersama antara panitia, masyarakat, TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Diskes, Dinas Pariwisata dan seluruh pihak terkait yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu," kata Tasri.

Hal senada juga disampaikan Camat Hulu Kuantan, Azisman S. ST, Beliau sangat mengapresiasi kerja keras panitia, masyarakat dan seluruh stakeholder yang telah berjibaku. Berkat kekompakan dan kebersamaan, akhirnya pesta rakyat yaitu Pacu Jalur di Kecamatan Hulu Kuantan berakhir sukses.

"Suatu kebanggaan bagi kami, karena acara ini sukses hingga akhir. Sukses pelaksanaan  dan sukses ekonomi kerakyatan bagi masyarakat. Kami masyarakat Hulu Kuantan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta jalur yang telah berpartisipasi pada Festival Pacu Jalur di Kecamatan Hulu Kuantan ini, sampai jumpa di tahun depan," kata Azisman.

Selain hadiah berupa uang pembinaan untuk jalur-jalur pemenang, untuk juara 1, 2 dan 3, Bupati Kuansing Dr. H. Suhardiman Amby, MM menambahkan hadiah berupa hewan ternak. Juara pertama 1 ekor kerbau, juara kedua 1 ekor sapi dan juara ketiga 2 ekor kambing. Sementara Pacu Jalur di Kecamatan Hulu Kuantan secara resmi ditutup oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kuansing, dr. H. Fahdiansyah, SpOG. (gus)

Berikut Peringkat Jalur pada Festival Pacu Jalur di Tepian Gudang Pulau Gobah, Kecamatan Hulu Kuantan.
1. Singa Kuantan 2019
2. Panglimo Olang Putie 2024
3. Rajo Tunggal Rimbo Binuang
4. Tuah Inayan Mandulang Untuang
5. Pangeran Fortuna
6. Batu Lompotan Harimau Kompe
7. Juragan Kuantan
8. Kibasan Nago Liar
9. Endang Rumus
10. Tapak Godang Sungai Gorakan

Editor: 1

Hulu Kuantan 2024 Pada Festival Pacu Jalur tahta TertinggiJalur Tuan Rumah Raih
Berita Terkait
  • Kamis, 20 Jun 2024 18:14

    49 Jalur Dipastikan ‘Bertarung’ Di Tepian Gudang Lubuk Gobah, Hulu Kuantan 2024

    TELUK KUANTAN-Perhelatan Pacu Jalur Hulu Kuantan 2024 menyisakan beberapa jam untuk digelar di Tepian Gudang Lubuk Gobah, Kecamatan Hulu Kuantan. 49 jalur sudah dipastikan akan ‘bertarung’ di ge

  • Sabtu, 15 Jun 2024 06:18

    Pacu Jalur Hulu Kuantan 2024. Panitia Targetkan 40 Kelompok Jalur Ikut Berpartisipasi

    TELUK KUANTAN-Perhelatan Pacu Jalur di Kecamatan Hulu Kuantan yang akan dilaksanakan 21-23 Juni 2024 mendatang menargetkan 40 kelompok jalur yang berpastisipasi. Ajang tahunan yang akan dilaksanakan

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2024 www.spiritriau.com. All Rights Reserved.